Pengantar
Saat masuk ke dalam ruang kelas program Pakarti Bangsa dan Anda akan menemukan suasana pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Anda akan menyaksikan anak-anak dengan senang hati bekerja dalam kelompok kecil dan besar, secara individu, atau empat mata dengan guru mereka: berkreasi, bekerja sama, berlatih, mengingat, mengeksplorasi, dan memecahkan masalah.Mereka mungkin mengukur pasir, menyelidiki serangga, melukis gambar, memantulkan bola, atau mendengarkan cerita karena anak-anak menghabiskan waktu mereka di sini dengan terlibat dalam pembelajaran yang produktif dan dinamis sepanjang hari. Kami membantu siswa mengembangkan keterampilan intelektual, pribadi, emosional, dan sosial untuk hidup, belajar, dan bekerja di dunia yang semakin mengglobal.
Program Pakarti Bangsa telah menyediakan program yang luar biasa dan sesuai dengan perkembangan anak. Kami memastikan setiap anak menerima perhatian yang layak diterimanya. Disamping menggunakan kurikulum wajib dari pemerintah, kami menawarkan kurikulum Pakarti Bangsa untuk anak disamping program Parent's Day Out, kami akan memberikan cara pembelaaran sekolah Jepang juga. Meskipun aktivitas siswa kami mungkin terlihat seperti bermain, sebenarnya mereka membangun fondasi akademis yang kuat baik di dalam maupun di luar kelas. Sepanjang hari, anak-anak memiliki banyak kesempatan untuk memilih kegiatan yang sesuai dengan minat mereka. Sebagai contoh, para guru melibatkan siswa dalam keterampilan literasi awal, seperti pengenalan huruf, kesadaran fonemik, dan pemahaman cerita melalui berbagai kegiatan termasuk bermain drama, musik, dan seni.
Para siswa mengembangkan kemampuan berhitung dan memecahkan masalah melalui penggunaan alat bantu seperti membangun balok-balok, kalender, dan teka-teki. Selain itu, para guru kami terampil dalam membedakan kegiatan untuk mendukung pertumbuhan setiap anak dalam lingkungan yang natural atau alami. Kurikulum Pakarti Bangsa dirancang untuk merangsang pemikiran, melibatkan anak-anak, dan membangun kompetensi. Kurikulum kami mencakup enam bidang: seni bahasa, matematika dan pemikiran ilmiah, ilmu pengetahuan sosial, seni (musik dan seni visual), perkembangan fisik dan kesehatan, dan perkembangan pribadi dan sosial serta Nasionalisme dan Patriotisme.
Jadwal harian mencakup keseimbangan kegiatan yang diarahkan oleh anak dan guru. Hampir setiap hari, kami mengadakan kegiatan bermain di luar ruangan di satu atau dua taman bermain, yang merupakan bagian dari Habitat Lingkungan kami. Tiga program kami berfokus pada pengembangan kemandirian, sosialisasi, dan keterampilan komunikasi anak-anak dalam lingkungan akademis. Mempraktikkan perilaku kooperatif dan pemecahan masalah dengan teman sekelas demi mempersiapkan siswa kami untuk sukses di kelas di masa depan. Di setiap kelas, para guru terus mendorong pertumbuhan sosial dan emosional, sambil memelihara dan mengembangkan kemampuan intelektual dan akademis. Melalui kegiatan yang menarik, relevan, dan bermakna, para guru mempersiapkan para siswa untuk mendapatkan pengalaman taman kanak-kanak yang menantang.
Setiap ruang kelas memiliki seorang guru dan seorang guru pendamping. Guru-guru kami memiliki setidaknya gelar sarjana dan pelatihan yang signifikan dalam pendidikan anak usia dini. Tahun-tahun pra-sekolah seorang anak adalah waktu yang kaya akan eksplorasi, keajaiban, dan pertumbuhan. Di Pakarti BANGSA, kami percaya bahwa tahun-tahun awal ini sangat penting untuk mengembangkan rasa kemandirian, kompetensi, dan ketangguhan anak. Melalui lingkungan kelas yang direncanakan dan dikelola dengan cermat, kurikulum dan kegiatan yang sesuai dengan perkembangan anak, serta metode pengajaran berbasis “inquiry-based teaching methods”, para guru kami yang hangat dan penuh kasih sayang menuntun anak-anak pada penemuan-penemuan yang memungkinkan mereka untuk berkembang.
Visi dan Misi
VISI
Menjadi lembaga pendidikan yang unggul dalam menghasilkan lulusan yangbertaqwa kepada Tuhan YME, memiliki rasa berkebangsaan nasionalisme, berjiwapatriotik, berkebudayaan, mempunyai jati diri yang berakhlak mulia, sehat jasmanidan rohani, cakap, kreatif, mandiri, berdisiplin, menjadi warga negara yangdemokratis, bertanggung jawab, dan mencintai lingkungan.
MISI
1. Mendidik siswa menjadi manusia yang Taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
2. Mendidik siswa menjadi manusia yang berkebangsaan nasionalisme, berjiwapatriotik, berkebudayaan.
3. Mendidik kedisplinan, kemandirian, kejujuran, empati, solidaritas, danmemahami nilai-nilai keadilan.
4. Melaksanakan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkanuntuk membangun potensi peserta didik.
5. Menumbuhkembangkan minat dan bakat peserta didik
6. Mendidik siswa mencintai lingkungan melalui pembelajaran di alam
7. Mendidik siswa memiliki semangat bermusyawarah dan mampu beraktifitasdalam team-work.
8. Menumbuhkembangkan budaya disiplin dan tanggungjawab seluruh wargasekolah.
9. Menciptakan budaya bersih, sehat, dan nyaman dalam suasana kekeluargaan.
10. Meningkatkan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan.
11. Meningkatkan daya dukung sarana dan prasarana sekolah secara berkelanjutan.
12. Menggalang partisipasi aktif seluruh warga atau stakeholder.
Kurikulum
Agama, Bahasa Inggris dan Jepang, Mengenalangka dan Pemikiran Ilmiah, PengetahuanSosial, Seni (Musik, Tari, Clay and Visual),Perkembangan Fisik dan Kesehatan, danPerkembangan Pribadi dan Sosial,Nationalisme dan Patriotisme.
Legalitas
- Akta Pedirian Yayasan Pakarti Bangsa Semarang No. 48 Tanggal 24-06-2023
-
SK KEMENKUMHAM Nomor: AHU-0010185.AH.01.04
-
NIB YAYASAN PAKARTI BANGSA SEMARANG No: 0407230056522